Rabu, 14 Oktober 2015

AIR TERJUN LEMBAH PELANGI-DANAU HIJAU ULU BELU


Akhir pekan kemarin saya dan ketiga teman saya berkesempatan mengunjungi salah satu tempat wisata yang sedang booming di Provinsi Lampung yaitu Air Terjun Lembah Pelangi dan juga Danau Hijau. Air Terjun dan danau ini terletak di kec.Ulu Belu Kab.Tanggamus Provinsi Lampung. Ada beberapa hal yang menurut saya yang membuat tempat wisata ini mulai ramai dikunjungi..yang pertama akses jalannya yang sudah cukup baik walaupun masih 80%, yang kedua keadaan geografis Ulu Belu, ya Sebelum terkenal dengan dua tempat wisata ini Ulu Belu sebenarnya sudah cukup terdengar di kancah Nasional dengan adanya PGE (Pertamina Geothermal) nah hadirnya PGE ini ternyata berdampak positif terhadap akses menuju ulu belu.

Perjalanan dari Bandar Lampung menuju air terjun ini memakan waktu 3jam atau sekitar 110km...akses jalan dari Bandar Lampung-Pesawaran-Pringsewu-Tanggamus hingga Ulu Belu sangatlah baik namun memasuki desa Ngarip kondisi jalan berubah 180 derajat, jalan bebatuan sekitar 2km  harus kita lewati sebelum ada jalan aspal lagi, untuk itu disarankan untuk tidak membawa kendaraan sedan/sejenisnya.

Ini adalah kali pertama saya datang ke kec.Ulu Belu, suasananya begitu sejuk dan alami walaupun sepanjang jalan kita akan melihat pipa gas dari PGE maupun kantor PGE, namun itu semua tidak mengurangi keindahan tempat ini. Sebenarnya lokasi Danau lebih dekat daripada  Air Terjun karena berada di pinggir jalan utama namun karena kami takut terlalu sore pulangnya jadi kami putuskan untuk menuju ke air terjun terlebih dahulu.

Sampai di tempat tujuan kami harus membayar sewa mobil (seikhlasnya) kepada warga, oh iya jika membawa kendaraan roda empat hanya bisa dititipkan di pekarangan rumah warga, sedangkan roda dua sudah disediakan tempat oleh warga setempat.

Biaya masuk Air Terjun ini yaitu 3rb/orang (katanya buat uang buka jalan) setelah itu kita akan berjalan menurun menyusuri hutan maupun tanaman kopi sejauh 500 meter, sebenarnya tidaklah jauh dari pintu masuk untuk menuju air terjun ini namun yang membuat perjalanan menjadi sedikit melelahkan adalah kontur jalan yang menurun serta relatif licin apalagi langsung berbatasan langsung dengan jurang sehingga membuat kita harus berjalan perlahan dan berhati-hati (diusahakan menggunakan sandal/sepatu beralas kasar)

 Setelah 15 menit berjalan akhirnya tibalah kami di air terjun lembah pelangi 1, oh ya air terjun lembah pelangi terdapat 2 bagian yang pertama yang memiliki ketinggian 60m sedangkan yang kedua terdapat dibawah air terjun yang pertama namun dengan medan yang lebih curam (tidak disarankan bagi pemula)

Berikut ini adalah foto yang saya ambil dari kedua air terjun lembah pelangi maupun danau hijau :

Sepanjang Perjalanan #1

Sepanjang Perjalanan #1

Jalan setapak Menuju Air Terjun





Air Terjun Lembah Pelangi 1 #1

Air Terjun Lembah Pelangi 1 #2

Air Terjun Lembah Pelangi 1 #3



Air Terjun Lembah Pelangi 2 #1

Air Terjun Lembah Pelangi 2 #2

Air Terjun Lembah Pelangi 2 #3

Sumber Air Panas di Air Terjun Lembah Pelangi 2 #4

Danau Hijau #1

Danau Hijau #2

Danau Hijau #3

Danau Hijau #4




 Rating Wisata : 4,5/5




5 komentar:

  1. Akses jalan kalo bawa yaris atau jazz memadai gak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang memadai spsertinya..masih banyak jalan yang rusak parah

      Hapus
  2. Sekarang Jalan menuju Air terjun lembahpelangi sudah aspal Hot Mix (Muaradua -Ngarip)

    BalasHapus
  3. Di mananya sih ini
    Kalau dari kota agung arah kemana

    BalasHapus