Selasa, 24 Mei 2016

TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO


Saat ini saya memasuki masa-masa perkuliahan yaitu masa dimana semua orang akan banyak bertanya "kapan wisuda?" dan "udah kerja dimana?" oleh karena ini saya bersama kedua teman saya memutuskan untuk rehat sejenak dari menjawab pertanyaan yang menjemukan itu dan pergi ke timur lampung yaitu ke TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO.

Untuk menuju kesana (dari Bandar Lampung) diperlukan waktu  kurang lebih 1,5 jam perjalanan (via Tanjung Bintang). Kondisi Jalan 60% bagus, 10% bagus tapi rusak dikit dan 30% nya rusak parah.
  
Sesampainya di Pugung Raharjo, kami menuju ke Rumah Informasi Pugung Raharjo untuk meminta penjagaan kendaraan kami saat nanti berkeliling.Hal ini penting mengingat kondisi sekitar taman purbakala ini sangatlah sepi. Sesampainya di Rumah Informasi Kami diajak melihat-lihat isi dari rumah tersebut, di dalamnya berisi tentang batu-bantu,patung dan sejarah ditemukannya Taman Purbakala ini. 
Rumah Informasi


Petugas Menjelaskan secara rinci sejarah terbentuknya Taman Purbakala Pugung Raharjo


Peninggalan Zaman Purbakala #1

di dalam rumah informasi

Peninggalan Zaman Purbakala #2

Setelah puas melihat isi rumah informasi barulah kami berangkat bersama petugas menuju taman purbakala sesugguhnya yang berjarak 1km dari rumah informasi tersebut. Yang tak kami sangka ternyata kami di antar berkeliling taman ini dan dijelaskan satu per satu setiap sudut taman purbakala ini. Menurut Petugas, Luas Taman Purbakala Pugung Raharjo sebenarnya adalah 30 hektar namun yang baru dibebaskan lahannya baru 5 hektar, tapi (Katanya) taman ini akan di promosikan dan di rehab lagi oleh pemerintah Lampung Timut.

Untuk mengelilingi Taman ini diperlukan waktu 1 jam karena tempatnya yang saaaaaangaaat luaaaaas sekali. Tapi sepanjang jalan kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah yaitu Kebon Singkong....hmmm. Ada 7 punden (Batu) dan Kolam Megalitik dan Juga Bukit Teletubis yang biasanya dikunjungi oleh Wisatawan untuk mengabadikan momen .

Biaya Masuk : Seikhlasnya
Tips :
-Bawalah Minum dan Makanan
-Jangan Datang Senidiran
-Jangan Mencuri dan Merusak Apapun
-Jika baru pertama kali mintalah petugas untuk menemani

Inilah hasil dokumentasi yang saya dapatkan di Taman Purbakala Pugung Raharjo

Gerbang Masuk Taman
Batu Mayat/Tegak (Konon Batu ini ditemukan dalam kondisi terbaring seperti mayat)

Petugas Menjelaskan sejarah Punden/Batu

Jalan Menyusuri Taman

Punden Terbesar

Kolam Megalitik, Mitosnya Kolam ini bisa membuat kita awet muda jika mandi disini

Selain Awet Muda juga bisa menyehatkan, karena bisa terapi ikan

Kolam yang biasa digunakan untuk mandi

Sisi Lain Kolam









Rating Wisata : 4,5/5

1 komentar:

  1. Artikel keren. Apa ada kontak dari penjaga museum?

    BalasHapus